Selasa, 11 November 2014

UNSUR

            

Unsur adalah bahan kimia dasar dalam alam semesta, setiap unsur terbentuk dari satu jenis atom yang memiliki partikel – partikel sub atomik dalam jumlah tertentu, masing – masing atom inipun memiliki karakter yang unik. Sudah 115 unsur yang telah ditemukan sampai saat ini, setiap unsur dicantumkan dalam tabel periodik. Sekitar 20 unsur terbaru yang diidentifikasi hingga saat ini adalah unsur yang secara keseluruhan dibuat oleh ilmuan dan tidak bisa ditemukan secara alami.

            Para ilmuan telah membuat 3 atom dari sebuah unsur baru, yaitu unsur bernomor 118 atau disebut juga ununoctium, unsur ini kemungkinan berbentuk gas tak berwarna. Semua unsur terbaru yang ditemukan saat ini memiliki atom yang berukuran sangat besar dan berat, atom paling ringan adalah atom hidrogen dan atom paling berat adalah atom osmium. Ketika unsur – unsur yang berbeda digabung, mereka akan membentuk senyawa kimia.

            Unsur yang baru ditemukan akan mendapatkan nama sementara berdasarkan nomor atomnya. Unsur baru yang memiliki nomor atom 116 akan diberi nama ununhexium “un” dalam bahasa latin berarti satu “hex” dalam bahasa latin enam. Unsur yang bisa ditemukan dalam keadaan murni jumlahnya sangat sedikit, kebanyakan ditemukan tergabung dalam senyawa lain, emas adalah contoh unsur yang dapat ditemukan secara alami dalam keadaan murni.

0 komentar:

Posting Komentar