Selasa, 11 November 2014

PLASTIK


Plastik adalah materi sintetik buatan manusia yang mudah dibentuk dan dicetak, sebagian besar plastik adalah polimer. Struktur molekul polimer menentukan karakteristik suatu plastik.rantai panjang molekul polimer yang saling menumpuk akan membentuk plastik yang lentur seperti politena, sementara bila rantai tersebut saling berkaitan maka akan membentuk plastik kaku seperti melamin. Biasanya plastik terbentuk dari gabungan atom karbon dan hidrogen.

Gabungan ini akan membentuk molekul atena yang bisa disusun untuk membentuk plastik yang disebut politena. Banyak plastik yang dibuat dari cairan dan gas hasil ekstrasi minyak mentah, termoplastik adalah jenis plastik yang lembut dan bisa dicetak dengan mudah apabila masih dalam keadaan hangat, begitu plastik ini mendingin maka akan langsung mengeras. Plastik ini juga dapat dilelehkan kembali untuk dibentuk ulang.

Plastik termoset adalah jenis plastik yang tidak dapat dibentuk ulang apabila sudah dicetak. Plastik ini dapat untuk membuat pesawat telpon dan pegangan panci. Blow moulding adalah proses yang menggunakan udara yang terkompresi untuk meniup sebuah tabung palstik menjadi bentuk yang dikehendaki, Vacum Moulding adalah proses yang menggunakan ruang hampa untuk menghisap sebuah lembaran plastik menjadi bentuk yang dikehendaki. Ekstrusi adalah proses yang melibatkan pemanasan pelet plastik dan kemudian menekan pelet tersebut melalui sebuah jarum sehingga dapat menghasilkan bentuk yang tepat sesuai yang dikehendaki.

0 komentar:

Posting Komentar