Selasa, 11 November 2014

SEJARAH PRAMUKA PANGKALAN SMK ISLAM PERMATASARI 2


            Pada mulanya Gerakan Pramuka SMK Islam Permatasari 2 di gabung dengan Gerakan Pramuka SMK Islam Permatasari 1 dengan nama ambalan Pangeran Antasari dan Dewi Sartika yang pada akhirnya kedua sekolah memisahkan diri untuk membuat ambalan masing – masing dikarnakan lokasi sekolah tidak satu atap lagi seperti sebelumnya walaupun masih dalam naungan satu yayasan yaitu Yayasan Permatasari. Untuk itu para senior/Dewan Kehormatan mengambil salah satu nama ambalan yang sudah ada, karna tidak ingin melupakan sejarah pramuka permatasari yang sudah ada sejak lama.
Dan akhirnya Pramuka SMK Islam Permatasari 1 mengambil nama ambalan untuk putri yaitu Dewi Sartika dan Pramuka SMK Islam Permatasari 2 mengambil nama ambalan untuk putra yaitu Pangeran Antasari, dari sinilah Pramuka SMK Islam Permatasari 2 memulai semuanya dari nol kembali dengan tugas yang ada, dari menyusun administrasi seperti membentuk kembali struktur kepengurusan yang baru, mencari nama ambalan utuk putri.dll
Berjalannya waktu semua tugas yang ada telah terselesaikan dari pembentukan struktural yang baru dan yang lainnya, dan untuk Ketua Pramuka pertama di SMK Islam Permatasari 2 yaitu Ka Muhammad Tamim yang saat itu beliau sedang belajar di kelas XI dengan Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, waktu itu beliau juga menjabat di kepengurusan Dewan Kerja Ranting Rumpin. Pada saat itu belum ada pengesahan untuk nama ambalan putri, begitupun pada pergantian ketua selanjutnya, dari Ka Muhammad Badrul haq, Ka Nuryadi, sampai Ka Abdullah.
Dimuali dari kepengurusan  Ka M. Farid Hasan Khadafi (Ketua ke – 5) yang dimana pada saat itu setengah dari akhir masa kepengurusan di latih oleh Ka Muhammad Badrul Haq disitu mulai mencari nama ambalan untuk putri atas intruksi dari Ka Muhammad Badrul Haq (Mandat dari Ka Mabigus), dengan banyak masukan yang ada dari pihak sekolah dan dewan kehormatan terpilihlah nama Raden Ayu Lasminingrat sebagai nama ambalan untuk putri. Beliau adalah generasi sebelum Dewi Sartika yang mana beliau adalah seorang penulis dan pejuang pendidikan untuk kaum wanita.

Setelah terpilih nama ambalan untuk putri, dari situ semua pengurus ambalan mulai mempersiapkan untuk pengesahan ambalan Pramuka SMK Islam Permatasari 2. Dan terbentuklah Ambalan Pangeran Antasari & Raden Ayu Lasminingrat pada tanggal 15 Desember 2013 pukul 22.30 WIB pada Musyawarah Ambalan Ke – 1 yang dihadiri pihak sekolah, dewan kehormatan, tamu undangan dari Dewan Kerja Ranting Rumpin dan dari ambalan lain, setelah itu langsung dilanjutkan dengan pemilihan ketua pramuka untuk melanjutkan kepengurusan ambalan dari kepengurusan sebelumnya, terpilihlah Ka Sumardi beserta jajarannya untuk melanjutkan kepengurusan Ambalan Pangeran Antasari & Raden Ayu Lasminingrat sampai satu tahun kedepan.

0 komentar:

Posting Komentar