Selasa, 11 November 2014

LARUTAN

            
Air keran jarang sekali mengandung air murni, umunya air keran yang jernih mengandung bahan – bahan kimia lain dalam jumlah yang sangat sedikit, inilah mengapa air keran termasuk dalam contoh larutan. Larutan adalah cairan yang mengandung padatan yang terlarut, ketika suatu padatan melarut dalam cairan, molekulnya akan terpisah dan bercampur dengan sempurna bersama molekul cairan tersebut.

            Cairan dalam sebuah larutan disebut pelarut, padatan yang terlarut dalam larutan disebut zat terlarut. Makin banyak padatan yang melarut maka akan makin kuat konsentrasi larutan tersebut, padatan akan terus melarut hingga larutan jenuh dan kemudian berhenti melarut. Padatan berhenti melarut karena tidak ada lagi ruang pada cairan tersebut, jika sebuah larutan jenuh dipanaskan, maka ruang untuk melarutkan zat terlarut akan bertambah.

            Didalam air laut paling sedikit terdapat 30 zat terlarut. Yang termasuk zat terlarut ini adalah garam sederhana (natrium klorida) dan magnesium klorida. Tetapi, sebagian zat – zat terlarut ini jumlahnya sangat sedikit. Jika sebuah larutan jenuh mendingin atau dibiarkan menguap maka ruang untuk zat terlarut akan berkurang sehingga zat terlarut akan mengendap (keluar dari larutan). Molekul – molekul zat terlarut terkadang terhubung dalam satu ikatan dan membentuk kristal padat.

0 komentar:

Posting Komentar