Selasa, 11 November 2014

SENYAWA KIMIA

            


Senyawa adalah suatu zat yang terbentuk dari gabungan dua atom atau lebih unsur – unsur yang berbeda, karakteristik senyawa tersebut biasanya akan jauh berbeda dari karakter unsur – unsur kimia pembentuknya. Setiap molekul didalam suatu senyawa memiliki kombinasi atom yang sama, nama ilmiah sebuah senyawa biasanya dapat dari gabungan unsur – unsur kimia pembentuknya, walaupun mungkin saja senyawa baru itu memiliki nama yang sama sekali berbeda. Garam dapur adalah senyawa natrium klorida setiap molekulnya memiliki satu atom sodium dan satu atom klorin.

            Rumus kimia sebuah senyawa menyimpulkan secara keseluruhan atom – atom penyusun sebuah molekul didalam suatu senyawa, rumus kimia untuk air adalah H2O, karena tiap molekul air memiliki 2 atom hidrogen (H) dan 1 atom oksigen (O). Terdapat ratusan unsur kimia yang telah diketahui, tetapi unsur – unsur kimia tersebut bisa membuat beraneka ragam gabungan dengan cara yang berbeda sehingga menghasilkan jutaan senyawa.

            Gabungan unsur – unsur kimia yang sama seperti karbon dan hidrogen, dapat membentuk senyawa – senyawa yang berbeda, senyawa kimia dapat berupa senyawa organik, artinya senyawa tersebut mengandung atom karbon dalam jumlah tertentu apapun bisa berupa senyawa anorganik.

0 komentar:

Posting Komentar