Selasa, 11 November 2014

KIMIA ORGANIK

            

Kimia organik adalah ilmu yang mengkaji senyawa – senyawa yang mengandung atom karbon, lebih dari 90% senyawa kimia adalah senyawa organik. Senyawa organik adalah senyawa yang terlibat dalam sebagian besar proses kehidupan, dahulu para ilmuan menduga bahwa senyawa karbon hanya bisa dihasilkan oleh makhluk hidup. Tetapi, pada tahun 1828 Friedrich Wohler berhasil membuat senyawa urea dilaboratoriumnya.

            Sampai saat ini kelompok senyawa karbon terbesar adalah kelompok hidro karbon, senyawa karbon alifatik terbentuk dari atom rantang panjang ataupun yang bercabang. Termasuk kedalam senyawa ini adalah : etana, propana, parafin dan kelompok alkena yang merupakan kelompok pembentuk sejumlah besar polimer. senyawa karbon siklik terbentuk dari atom karbon rantai tertutup.

            Senyawa aromatik terbentuk dari enam atom (yang sebagian adalah atom karbon) yang membentuk struktur cincin dan berikatan dengan atom hidrogen, senyawa ini diberi nama aromatik karena aroma (bau) yang kuat dari molekul benzena. Benzena adalah suatu molekul aromatik yang paling penting. Struktur 6 karbon molekul benzena ditemukan oleh Friedrich von Stradowitz pada tahun 1865 setelah beliau bermimpi tentang seekor ular yang menggigit ekornya sendiri. Isomer adalah senyawa yang memiliki atom – atom yang sama tetapi dengan karakteristik yang berbeda, contoh isomer itu seperti butana dan 2 metil propana dalam gas kalengan.

0 komentar:

Posting Komentar