Selasa, 28 Oktober 2014

KHALIFAH

            Khalifah adalah penguasa Islam, kata Khalifah berarti “pengganti” dan mereka semua ditetapkan menjadi pengganti Nabi Muhammad SAW setelah beliau wafat tahun 632. Khalifah Pertama adalah ayah mertua Nabi Muhammad SAW, Abu Bakar. Setelah itu dilanjutkan oleh Umar, Uthman, dan Ali. Empat Khalifah Pertama disebut Rasyidin (sempurna) karena mereka adalah Khalifah yang diterima semua orang, ketika Ali menunggal tahun 661 Islam terpecah karena perang sipil, Kaum Sui’ah memandang Ali hanya sebagai pengganti imam dan pemimpin.

Kebanyakan orang Muslim mengikuti keluarga Bani Ummayah yang menjadi Khalifah di Damaskus. Khalifah Bani Umayyah ke – 14 meluaskan kekaisaran Islam  dengan menaklukan sepanjang Afrika Utara dan Spanyol. Tapi ternyata wilayah itu terlalu besar untuk ditangani, pada Tahun 750 Khalifah Bani Ummayyah terakhir Marwan II dikalahkan dalam pertempuran dibantaran sungai Great Zab oleh pesaing mereka Abbasiyah keturunan dari paman Nabi Muhammad.

Khalifah Abbasiyah ke – 38 memindahkan fokus mereka ke arah timur dan membuat ibukota baru di Baghdad yang dengan cepat menjadi kota terkaya didunia. Dibawah Abbasiyah Islam menjadi terkenal atas ilmu pengetahuan dan keseniannya, terutama selama masa Harun Al – Rasyid. Seorang Umayyah melarikan diri untuk membangun Khalifah tandingan di Spanyol (756 – 1031), keturunan anak perempuan Nabi Muhammad SAW, Fatimah menjadi Khalifah di Mesir membangun kota besar Kairo.


0 komentar:

Posting Komentar