Jumat, 13 Januari 2012

Sifat Buruk Yang Menghambat Kesuksesan Karir

Sifat Buruk Yang Menghambat Kesuksesan Karir

Naluri manusia pasti tidak pernah lepas dari yang namanya kebaikan dan keburukan. Kebaikan akan mengantarkan kita kejalan sukses yang lurus, keburukan akan membawa kita kejalan yang sukses tapi mungkin tidak putih, bahkan mungkin kita akan berujung dalam keterpurukan karir.
Beberapa sifat dasar manusia yang dapat menghambat karir terkadang tidak pernah kita sadari, berikut ini sifat burukyang menghambat kesuksesan karir.

Iri Hati
Sifat ini merupakan refleksi kecemburuan anda terhadap kelebihan orang lain, misalnya iri ketika rekan yang lain mendapatkan jabatan sementara anda tidak. Iri teman anda memperoleh kenaikan gaji, padahal anda tidak, dll. Tetapi sifat iri hati ini bisa menjadi positif, jika anda jadikan cambuk untuk lebih maju dan berhasil dari orang lain. Dengan catatan, jalan yang ditempuh pun harus positif.

Malas
Sifat malas dapat menyerang siapa saja, laki – laki, perempuan, tua, muda, anak buah atau boss. Tetapi kalau sifat malas ini dibiarkan, akan menyebabkan kerugian besar pada diri anda. Sifat malas di tempat kerja membuat anda lebih senang menunda – nunda pekerjaan dari pada menyegerakannya. Akibatnya anda akan kehilangan kesempatan berharga untuk berkarya dan maju. Seandainya ada waktu untuk bermalas – malasan, manfaatkan untuk mereview dan merencanakan apa yang sebaiknya anda lakukan.

Rakus
Sifat rakus membuat anda ingin memiliki semua yang anda inginkan, baik materi maupun kedudukan/jabatan. Anda selalu ingin mengerjakan semua tugas – tugas penting dikantor. Bahkan pekerjaan yang semestinya bukan untuk andapun akan anda kerjakan demi ambisi anda. Biasanya sifat ini didasari oleh “ EGO “ bahwa anda ingin menonjol sendiri di tempat kerja. Akibatnya anda bahkan sudah tidak bisa membedakan mana pekerjaan yang harus anda lakukan dan mana yang bukan. Kerakusan yang lain adalah dalam hal materi. Anda ingin mendapatkan keuntungan sebanyak – banyaknya dari pekerjaan, agar dapat memiliki materi yang banyak. Kalau salah langkah, bisa – bisa anda melakukan korupsi.

Marah
Marah yang berlebihan dapat merusak hubungan kerja yang stabil dan membuat emosi anda kacau balau. Tentu saja kondisi ini akan menyebabkan pekerjaan anda terganggu. Tetapi kalau memang anda harus marah di kantor, jangan takut untuk mengeluarkan amarah. Tetapi sebisa mungkin hindari orang – orang yang dapat memancing amarah dan memperkeruh keadaan. Yang penting, tindak lanjuti amarah anda dengan hal yang positif. Pendek kata, kemarahan anda jangan sampai mengganggu pekerjaan. Dan juga tetap bersikap profesional dengan tidak mencampuradukkan kemarahan pribadi kedalam pekerjaan. Sehingga hubungan kerja anda dan rekan – rekan di kantor tetap aman dan damai.

Terlalu bangga
Bangga terhadap prestasi yang anda raih memang wajar dan semestinya. Lagi pula anda pasti membutuhkan “ Pengakuan “ atas prestasi dan kemampuan anda. Tetapi jangan sampai kebanggaan anda terlalu sering di gembor – gemborkan. Tanpa perlu anda umumkan, teman – teman anda tentu sudah tahu kalau anda memiliki “nilai lebih”. “Pengumuman” yang berlebihan atas prestasi anda, bukannya membuat anda kagum, sebaliknya justru akan membuat rekan anda sebal. Dengan sikap “Low Prifile”, rekan – rekan anda akan semakin menghargai anda.

Nah, setelah anda mengetahui sifat” buruk yang harus anda jauhi di atas, alangkah baiknya jika anda segera memperaktekan dalam kehidupan anda sendiri.
Terimakasih telah membaca artikel ini.


0 komentar:

Posting Komentar