Kamis, 27 Maret 2014

SISTEM PENDETEKSI & PENANGGULANGAN BANJIR DINI BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA 8535


Curah hujan di Indonesia tiap tahunnya cukup tinggi. Hal ini menyebabkan beberapa wilayah Indonesia sering terjadi bencana banjir ketika musim penghujan tiba karena beberapa faktor seperti kondisi lingkungan yang rusak, penebangan hutan secara liar dan kondisi tempat yang lebih rendah dari sekitarnya. Banjir sekarang mulai menjadi salah satu bencana yang paling sering terjadi di indonesia bahaya dari banjir banyak sekali, contohnya : Terputusnya roda perekonomian di daerah yang terkena banjir, seperti jalan terendam banjir, maka kendaraan untuk distribusipun terhenti karena tidak bisa lewat.
Banyak anak – anak tidak bisa sekolah, karena sekolahnya terendam banjir, padahal sekolah salah satu cara meningkatkan SDM ( Sumber Daya Manusia ) Indonesia. Banyak rumah – rumah penduduk yang terbuat dari bambu terseret arus banjir, maka mereka kehilangan tempat tinggalbanyak sekali contoh – contoh lain akibat terjadinya banjir.
Cara mencegah dan menanggulangi banjir bermacam – macam, kita harus bisa mencegah dan menanggulanginya sebelum terjadi bencana tersebut. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi banjir dengan memanfaatkan alat pendeteksi dan penanggulangan banjir secara dini, alat ini dikendalikan oleh Mikrokontroler Atmega 8535 yang berfungsi sebagai pusat pengontrol pada rangkaian.
Alat ini bekerja secara otomatis dengan sebuah inputan yaitu air, yang akan diproses oleh sebuah moikrokontroler dan akan menghasilkan sebuah output diantaranya :
1.      1. Terdeteksinya ketinggian air.
2.     2.  Menutupnya sebuah pintu
3.      3. Pembuangan air oleh sebuah wiper.

0 komentar:

Posting Komentar